Kegiatan Posyandu di Desa Winong Pati (Lestari 4)

Kader Posyandu Lestari 4 Desa Winong Pati

Pati- Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang saat ini telah menjadi lembaga kemasyarakatan desa. Diadakannya posyandu hingga saat ini menjadi salah satu fasilitas promotif preventif bagi kesehatan ibu dan anak. Posyandu Lestari 4 di kelola oleh masyarakat bersama pemerintah desa dan didampingi oleh Bidan Lila yang bertugas di Desa Winong Pati. Tujuan kegiatan posyandu di Desa Winong Pati untuk melihat perkembangan ibu hamil dan balita di usia 0-5 tahun. Kegiatan Posyandu antara lain Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Pelayanan Gizi, Imunisasi, Stunting (balita yang tinggi dan berat badannya tidak sesuai), serta pencegahan kematian bayi dan balita yang di tangani langsung oleh Ibu Bidan Lila.

“Posyandu diadakan sebulan sekali setiap tanggal 16, dan bulan-bulan sebelumnya diliburkan karena Pandemi Covid-19, namun saat ini telah diadakan kembali seperti biasanya. Posyandu Lestari 4 merupakan posyandu yang melayani balita terbanyak di banding dengan Posyandu Lestari yang lainnya terdapat 10 tempat posyandu. Kegiatan tambahan di setiap bulan Februari dan Agustus yakni memberikan vitamin A dan obat cacing. Setiap balita harus mendapatkan vit A dan obat cacing tersebut” ujar Nur Cahaya selaku Ketua Posyandu Lestari 4 Desa Winong Pati.

Harapan diselenggarakan posyandu yaitu agar balita tetap sehat, dan pertumbuhan badan yang seimbang sesuai usianya. Untuk ibu hamil di posyandu biasanya dilakukan pengecekan tensi, berat badan dan konsultasi perkembangan kehamilan kepada Bidan tersebut.

Kader Posyandu Lestari 4 Desa Winong Pati
Kegiatan Posyandu Lestari 4

Mahasiswa KKN-IK 2021 IAIN Kudus Ikut serta dalam kegiatan Posyandu

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan